KONSEP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM ISLAM

  • Achmad Saeful STAI Binamadani
Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat, Islam, Kesejahteraan, Ekonomi

Abstract

Tulisan ini membahas tentang konsep pemberdayaan masyarakat dalam Islam.
Pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kema ndirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apapun yang mereka lakukan. Kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami oleh masyarakat ditandai dengan kemampuan memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dengan menggunakan kemampuan yang dimiliki. Pemberdayaan masyarakat biasanya difokuskan pada bidang ekonomi yang ada dalam suatu wilayah tertentu. Pada bidang ekonomi pemberdayaan masyarakat sangat berpengaruh dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam Islam pemberdayaan merupakan gerakan yang dilakukan tanpa henti. Titik berat pemberdayaan masyarakat adalah terciptanya kesejahteraan bagi semua manusia. Kesejahteraan manusia dapat bermuara pada kemashlahatan manusia.

Published
2020-02-10
How to Cite
Saeful, A. (2020). KONSEP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM ISLAM. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 3(3), 1-17. https://doi.org/10.51476/syarie.v3i3.159
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.