https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/issue/feed Madani Syari'ah: Jurnal Pemikiran Perbankan Syariah 2024-08-29T14:35:40+00:00 M. Zaenal Arifin, M.A. mzaenalarifin@stai-binamadani.ac.id Open Journal Systems <p>Madani Syari'ah: Jurnal Pemikiran Perbankan Syariah diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani, Tangerang. Bidang kajian jurnal ini mencakup pemikiran tentang perbankan syariah, sistem informasi perbankan syariah, manajemen risiko perbankan syariah, manajemen marketing&nbsp;perbankan syariah, manajemen lembaga keuangan syariah, etika keuangan syariah, sistem ekonomi Islam, dan lainnya. &nbsp;</p> https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/696 PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF, MANAJEMEN USAHA, PEMBINAAN USAHA, KARAKTERISTIK USAHA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO MUSTAHIK 2024-08-29T14:35:39+00:00 Muhammad Bilal Fadila bilalfadila84@gmail.com Mohammad Lutfi mo.lutfi@uinjkt.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel zakat produktif, pengelolaan usaha, pengembangan usaha dan karakteristik usaha terhadap pengembangan mustahik mikro pada program BAZNAS Z-Chicken yang disebar di wilayah DKI Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah model kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada beberapa penerima manfaat program Z-Chicken di mana dalam penentuan sampel penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan rumus Slovin dan diperoleh 70 responden penelitian, kemudian data yang diperoleh akan diolah dan diinterpretasikan. Teknik analisis yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel zakat produktif, pengelolaan usaha dan pengembangan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha mustahik, sedangkan variabel karakteristik usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha mustahik. Besarnya variabel kemampuan zakat produktif, manajemen usaha, pengembangan usaha dan karakteristik usaha dalam menjelaskan perkembangan usaha mustahik adalah sebesar 62,5% sedangkan sisanya sebesar 37,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak penulis teliti.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/683 STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DIGITAL PT. AKSESINDO SEMESTA NUSANTARA DALAM MENAMBAH JUMLAH BIMBINGAN BELAJAR CPNS 2024-08-29T14:35:39+00:00 Maya Rohana mayarohana025@gmail.com Mariya Ulpah mariyaulpah@stai-binamadani.ac.id <p>Penelitian ini menjelaskan strategi pemasaran syariah digital dalam meningkatkan jumlah peserta bimbingan belajar. Menjadi seorang ASN adalah mimpi banyak orang, untuk mencapai itu maka calon peserta tes harus menguasai soal-soal tes CPNS agar lolos dalam kompetisi itu. Hal ini menjadi peluang bagi PT. Aksesindo yang menyediakan bimbingan belajar tes CPNS secara profesional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Aksesindo dalam menambah jumlah peserta bimbingan belajar disetiap tahunnya. Penelitian&nbsp; ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan atau kondisi nyata dari persoalan yang diteliti. Penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan jumlah peserta bimbingan belajar karena strategi pemasarannya cenderung lebih banyak menggunakan dan memanfaatkan digitalisasi media sosial, seperti Google, Instagram, Facebook dan Web. Selain itu faktor pendukung dalam menambah jumlah peserta didik yaitu PT. Aksesindo memiliki SDM 80% pengajar PNS dan 20% dosen akademis, hal ini menjadi salah satu faktor pendukung bahwa lembaga ini fokus memberikan pengajaran terbaik untuk lolos CPNS, di bimbel akses juga memiliki harga bimbingan yang sudah sesuai dengan kualitas, tenaga pengajar terbaik dan fasilitas lengkap, memiliki tingkat kelulusan yang tinggi yaitu 90% lolos SKD dan 80% lolos PNS, testimoni yang diberikan dari alumni lembaga yang sudah lulus menjadi bukti nyata, serta kerjasama dengan instansi dan kementrian yang sudah berjalan baik.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/697 STRATEGI DETEKSI DAN PENCEGAHAN FRAUD PADA SEKTOR PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA 2024-08-29T14:35:39+00:00 Abdul Rachman doelkaji1984@gmail.com Siti Husniyyah sitihusniyyah24@gmail.com Didi Suardi didisuardi1104@gmail.com Martavevi Azwar martavevi@uca.ac.id <p>Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa terdapat dua belas bank yang bangkrut hingga bulan Juni 2024 yang terdiri dari Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS). Problematika perbankan yang bangkrut karena adanya fraud. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menangani risiko fraud dalam kerangka kerja yang mematuhi prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini juga dilakukan untuk dapat mendeteksi dan tantangan fraud di perbankan syariah serta menganalisa strategi pencegahan fraud guna meminimalisir terjadinya tindakan fraud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada bank yang mengalami kebangkrutan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa mayoritas bank syariah mengalami kebangkrutan karena adanya tindakan fraud yang dilakukan oleh oknum bankir. Fraud dilarang bertentangan dengan hukum positif dan hukum syariah di Indonesia. Tindakan fraud yang umum terjadi di perbankan syariah berupa korupsi, penggelapan aset, pemalsuan laporan keuangan, tindak pidana bank, dan pencucian uang. Beberapa strategi pencegahan fraud pada sektor perbankan syariah yaitu pertama adalah pencegahan. Kedua adalah strategi deteksi. Ketiga adalah strategi investigasi, pelaporan, dan sanksi. Keempat adalah strategi pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Kelima adalah strategi pengawasan terhadap kepatuhan syariah karena dapat memastikan bahwa semua kegiatan bank sesuai dengan aturan-aturan syariah dan tidak melibatkan praktik-praktik yang dilarang oleh hukum Islam.</p> 2024-08-29T13:43:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/682 ANALISIS KLAIM PRODUK ASURANSI SYARIAH TAKAFUL DANA PENDIDIKAN DI PT. TAKAFUL KELUARGA JAKARTA SELATAN 2024-08-29T14:35:39+00:00 Romji Darmawan romjisoksok@gmail.com Dewy Anita dewyanita@stai-binamadani.ac.id Inti Ulfi Sholichah intiulfisholichah@gmail.com <p>Penelitian ini menjelaskan tentang klaim produk asuransi syariah Takaful Dana Pendidikan PT. Takaful Keluarga Jakarta Selatan. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui prosedur dan hasil perhitungan klaim asuransi syariah Takaful Dana Pendidikan PT. Takaful Keluarga Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kasus. Pengambilan data dilakukan dari dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara sekaligus observasi. Adapun data sekunder diperoleh dari berbagai literatur berupa buku, artikel ilmiah, dokumen, dan lainnya. Penelitian ini menemukan banyak nasabah yang kurang memahami tentang prosedur klaim pada produk asuransi syariah takaful dana pendidikan PT. Takaful Keluarga Jakarta Selatan. Hal ini diatasi oleh PT. Takaful Keluarga Jakarta Selatan dengan memberikan pemahaman tentang prosedur klaim produk asuransi syariah, baik dari sistem maupun teknisnya, sehingga hak-hak nasabah dapat terpenuhi. Prosedur klaim asuransi syariah takaful dana pendidikan PT. Takaful Keluarga Jakarta Selatan dapat dilakukan dengan cara melengkapi dokumen-dokumen yang nantinya akan diajukan ke perusahaan cabang atau agensi dan juga bisa lewat online, kemudian akan diproses oleh perusahaan pusat. Untuk perhitungan klaim dilakukan dengan cara menghitung dana tabungan yang berasal dari premi (iuran) yang berasal dari nasabah, dihitung dan dijumlah sehingga bisa mendapatkan dana klaim pendidikan sesuai prosedur.</p> 2024-08-29T13:37:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/700 SISTEM REWARDS PADA PENJUALAN BISNIS HERBALIFE DI CLUB YOLA CERIA JAKARTA BARAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM 2024-08-29T14:35:39+00:00 Niswati Fauziah niswatifauziah98@gmail.com Suliyono Suliyono suliyono@stai-binamadani.ac.id Abdul Rahman abdulrahman@stai-binamadani.ac.id <p>Fokus penelitian ini menjelaskan tentang pemberian <em>rewards </em>pada produk penjualan Herbalife yang ada di Club Yola Ceria Jakarta Barat. Sistem penjualan Herbalife seperti ini merupakan bisnis <em>Multi Level Marketing </em>(MLM) yang juga bagian dari aspek kegiatan muamalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian lapangan yang data-datanya dinyatakan dalam bentuk kata atau kalimat. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analisis karena data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala diamati yakni sistem <em>rewards</em> pada penjualan bisnis <em>Herbalife</em>. Penelitian menemukan sistem rewards penjualan bisnis Herbalife setiap produk Herbalife memiliki nilai volume point yang besarnya sama di seluruh negara. Volume point tersebut yang akan menentukan <em>royalty</em> dan bonus yang akan di dapatkan oleh pembisnis sehingga tidak ada pihak rugikan karena masing-masing akan mendapatkan sesuai dengan kontribusinya. Hal ini sesuai dalam hukum Islam mempunyai prinsip dalam berbisnis harus terbebas dari unsur <em>dharar</em> (bahaya), <em>jahalah</em> (ketidakjelasan) dan <em>zhulm</em> (merugikan atau tidak adil) terhadap salah satu pihak. Oleh karena itu, sistem pemberian bonus harus adil, dan tidak hanya menguntungkan orang yang di atas. maka dapat disimpulkan Bisnis herbalife terbebas dari unsur MAGHRIB yaitu <em>Maysir</em> (judi), <em>Gharar</em> (penipuan), Riba (bunga), dan <em>Bathil</em>.</p> 2024-08-29T13:52:55+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/666 PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RIBA DAN BUNGA BANK 2024-08-29T14:35:39+00:00 Dwi Nur Zahara dwinurzahar384@gmail.com Ristiana Hidayah ristianahidayah@gmail.com Rafli Zakaria raflizakaria744@gmail.com Aan Aan and52288@gmail.com Enrico Valentino Riyadi enricovalentino44@gmail.com <p>Penelitia ini bertujuan membahas tentang riba dan bunga bank yang ditelaah menurut pandangan etika bisnis Islam. penelitian ini menggunakan metode deskriptif literatur. Sumber data diperoleh melalui berbagai macam literatur, baik yang berupa literatur, seperti buku, publikasi, karya penelitian ilmiah yang ditulis oleh para ahli, maupun yang berbentuk makalah akademis. Penelitian ini menemukan bahwa ahli fikih telah lama berdebat tentang etika bisnis Islam terhadap riba dan bunga bank. Riba yang berarti tambahan atau pertambahan, dilarang dalam agama Islam dan sering terjadi dalam transaksi jual beli dan hutang piutang. Bunga bank, yang sering disamakan dengan rente, memungkinkan pihak bank untuk memperoleh keuntungan yang berlipat ganda, yang karenanya bunga bank juga dianggap sebagai bentuk riba. Oleh karena itu, menghindari praktik riba dan bunga bank adalah etika bisnis yang harus diperhatikan. Transaksi yang dilakukan berdasarkan prinsip ekonomi Islam harus sesuai dengan etika dan prinsip ekonomi Islam dan tidak melibatkan elemen ketidakseimbangan norma hukum. Dalam situasi darurat, transaksi dengan bank konvensional mungkin diperbolehkan. Namun, perlu diperhatikan definisi wilayah yang memungkinkan transaksi tersebut agar transaksi yang dilakukan sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.</p> 2024-08-29T14:07:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/view/698 PENGARUH LITERASI DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERZAKAT DI BAZNAS KOTA TANGERANG 2024-08-29T14:35:39+00:00 Hilyaningsih Hilyaningsih iingmarlina4@gmail.com Imam Mahfud imammahfud@stai-binamadani.ac.id Setiya Afandi setiyaafandi@stai-binamadani.ac.id <p>Zakat sebagai salah satu bentuk konkrit dari jaminan sosial yang disyariatkan oleh ajaran Islam berfungsi sebagai penggerak roda perekonomian umat melalui sektor-sektor produktif yang dikelola oleh penerimanya, dan dapat menjadi sebuah media untuk mengontrol kesenjangan pendapatan, serta menjembatani celah antara golongan kaya dengan dhu'afa sehingga tidak terjadi penumpukan kekayaan pada sebagian kecil golongan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi terhadap minat berzakat masyarakat Kota Tangerang dan pengaruh tingkat pendapatan terhadap minat berzakat masyarakat Kota Tangerang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan 100 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap kuesioner yang dibagikan peneliti pada muzaki BAZNAS Kota Tangerang. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji f. Kesimpulan penelitian ini menunnjukan bahwa berdasarkan hasil uji t dan uji f disimpulkan bahwa variable literasi, tingat pendapatan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berzakat dengan nilai signifikasi dan nilai hitung sebesar 0.018 ˃0.05 dan nilai <sup>t</sup> <sup>hitung</sup> 2.766 ˃ <sup>t</sup> <sup>tabel</sup> 1.984 (XI), 0.000˂0.05 dan nilai t hitung 3.707 ˃ t tabel 1.984 (X2), 0.000 ˃ 0.05 dan nilai uji f sebesar 0.00 ˂ 0.05 dan nilai f hitung 30.548 ˃ <sup>f</sup> tebal 2.70.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##