STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK MODAL TENAGA KERJA MIKRO DI BANK SYARIAH INDONESIA

  • Imam Mahfud Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Taufiq Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Inti Ulfi Sholichah Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Nasabah, Pembiayaan Musyarakah, Produk Modal Tenaga Kerja, Strategi Pemasaran, BSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam pembiayaan musyarakah dan peningkatan jumlah nasabah dengan menggunakan produk Modal Tenaga Kerja Mikro di Bank Syariah Indonesia. Keterkaitan antara lembaga dan masyarakat atau nasabah sangat penting, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dan memahami dasar pembiayaan musyarakah. Jenis Penelitian dalam artikel ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan, bersifat deskriptif analisis dengan tujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Adapun data-data dalam penelitian ini diperoleh langsung melalui in depth interview, observasi dan data pendukung lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan musyarakah pada Produk Modal Tenaga Kerja Mikro di BSI KCP. Parakan Tangerang mempunyai nilai pertengahan (medium level) terhadap jumlah data nasabah 40 %, dibanding dengan pembiayaan murabahah (Jual-beli) lebih kompleks jumlah data nasabah presentase 60 %. Hal ini disebabkan oleh kedua strategi pemasaran tersebut lebih unggul strategi Marketing Mix 7P, strategi ini lebih mudah dalam proses pembiayaan antara kedua belah pihak menentukan disaat perjanjian kesepakatan awal. Sedangkan strategi marketing STP, lebih pada prosedur persyaratan pembiayaan mulai dari dana yang dikumpulkan para nasabah sebesar Rp 50-100 jt, sehingga diperlukan Micro Team khusus yang memegang kendali dengan melakukan pelatihan semacam (Breefing) pelajaran atau materi mengenai pembiayaan musyarakah supaya lebih banyak memperoleh nasabah.

Published
2024-02-11