PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT, PENDAPATAN, PROMOSI, RELIGIUSITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DI BAZNAS KOTA TANGERANG SELATAN

  • Rizqi Noviani Rahayu Fakultas Ekonomi Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mohammad Lutfi Fakultas Ekonomi Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Zakat Profesi, Minat, Religiusitas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh antara pengetahuan zakat, pendapatan, promosi, religiusitas dan kepercayaan terhadap minat membayar zakat profesi di Baznas Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapat dengan cara penyebaran kuisioner kepada masyarkat Kota Tangerang Selatan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi spss 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan zakat, pendapatan, promosi, religiusitas dan kepercayaan secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat profesi di Baznas Kota Tangerang Selatan. Sedangkan, secara parsial variabel pengetahuan zakat, pendapatan, promosi, dan religiusitas tidak memiliki pengaruh terhadap minat membayar zakat profesi Dan variabel lainnya yaitu kepercayaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap minat membayar zakat profesi.

Published
2023-09-03