STRATEGI PEMASARAN BMT BISMA PADA PRODUK PEMBIAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI PASAR MUTIARA KARAWACI TANGERANG

  • dewy anita STAI Binamadani
Keywords: BMT, Pembiayaan, Strategi Pemasaran, Usaha Kecil Menengah (UMKM))

Abstract

Penulisan ini bertujuan memahami Baitul Maal wattamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang sangat penting dalam menerapkan strategi pemasaran untuk keberlanjutan operasionalnya. Secara konsep BMT mengkehendaki adanya bebas riba dan juga penerapan strategi pemasaran  sesuai dengan syariah sehingga terciptanya keadilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif lapangan dengan menelaah sumber-sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku referensi, literature, ensiklopedia, karangan ilmiah, karya ilmiah serta data lapangan yang relevan dan berhubungan dengan objek kajian. Penelitian ini berupa teks-teks atau tulisan-tulisan yang menggambarkan dan memaparkan tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh Baitul maal wattamwil (BMT) di Pasar Mutiara Karawaci Tangerang pada Produk Pembiayaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan setrategi pemasaran pada produk pembiayaan UKM, BMT telah mengaplikasikan bauran pemasaran baik dari segi produk, harga, distribusi dan promosi.

Kata Kunci : BMT, Pembiayaan, Strategi Pemasaran, Usaha Kecil Menengah (UKM)

Published
2023-02-28