ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN WISATA HALAL DI PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Mohammad Lutfi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Wafiq Azizah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Provinsi Sumatera Barat menjadi satu di antara provinsi di Indonesia yang dengan serius mengembangkan wisata halal, namun selain dari keseriusan pemerintah dalam menggiatkan wisata halal masyarakat pun harus turut berpartisipasi di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata halal di Provinsi Sumatera Barat. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan  analisis faktor dan regresi linier berganda adalah dari analisis faktor menghasilkan 6 faktor baru yang terbentuk, yaitu peran pemimpin, motivasi, ekonomi, pengetahuan, lingkungan dan persepsi. Kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi liner berganda, sehingga didapatkan bahwa secara parsial hanya faktor peran pemimpin dan pengetahuan yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi masyarakat sedangkan faktor lainnya tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan semua faktor yang diuji berpengaruh terhadap motivasi masyarakat dengan nilai adjusted R square sebesar 0,487 atau 48,7%.

Published
2023-02-28