ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DI BANK BSI KC CIPUTAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah di bank BSI KC Ciputat sehingga dapat mempercepat perkembangan perbankan syariah di Indonesia khususnya di daerah Ciputat Tangerang Selatan. Fenomena yang terjadi di BSI KC Ciputat yaitu BSI memiliki tingkat bagi hasil yang lumayan tinggi.Selain itu,mayoritas di daerah Tangsel khususnya di Ciputat memeluk agama islam namun, masih banyak nasabah yang belum berminat dengan sistem bagi hasil dan lebih memilih menyimpan dananya di bank konvensional.Selain itu BSI menggunakan bauran pemasaran 4P,yaitu strategi produk,harga,tempat, dan promosi.Dalam Fenomena tersebut,maka bagaimana menggunakan strategi pemasaran yang paling tepat untuk diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui metode deskriptif analisis menggunakan data primer dalam bentuk wawancara dan observasi langsung di BSI KC Ciputat,dan data sekunder melalui studi kepustakaan berupa buku refrensi,jurnal,laporan penelitian,surat kabar maupun website.Hasil pembahasan menunjukan bahwa Akad yang biasa diterapkan BSI terdapat 2 skema, diantaranya:1)Skema funding(penghimpunan dana) 2)Skema Landing(penyaluran dana).Untuk penyaluran dana nasabah BSI menggunakan akad diantaranya: akad Murabahah, Ijarah, Mudharabah,dan Musyarakah.Teknologi marketing BSI melalui pemanfaatan media elektronik dan media sosial serta tidak jarang marketing mendatangi nasabah dan mempromosikan secara langsung untuk bekerja sama.Marketing strategy BSI dengan pendekatan kepada nasabah yang belum menggunakan jasa BSI,memberikan pelayanan terbaik, memfasilitasi dengan teknologi terkini contohnya e-banking,serta yang terutama adalah tidak mengecewakan nasabah.Melalui kajian SWOT BSI berada pada level tumbuh dan berkembang didukung strategi yang agresif.Pada level tersebut pengembangan pasar,produk dan penetrasi pasar dapat menopang penyebarluasan sistem dan produk BSI.BSI juga didukung sebuah peluang dimana strategi agresif yang didukung oleh keunggulan biaya dan strategi diferensiasi menjadi alternatif untuk diterapkan.