STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN HAJI DAN UMRAH IB PADA BTN KCPS TANGERANG

  • Abdul Rachman STES Islamic Village
  • Arie Haura STES Islamic Village
  • Dwi Puspita Sari STES Islamic Village
  • Mayang Ayu Faluthamia STES Islamic Village
Keywords: Strategi, bauran Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pemasaran Syariah yang dilakukan BTN KCPS Tangerang dalam meningkatkan jumlah nasabah Tabungan Haji & Umrah iB mengingat terjadi penurunan jumlah nasabah tabungan haji BTN KCPS Tangerang selama periode 2017-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan yang dipilih dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni dengan memilih narasumber yang dianggap paling mengetahui terkait topik penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, mengacu pada konsep Bauran Pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) ditinjau dari Karakteristik Pemasaran Syariah (Teistis, Etis, Realistis, Humanistis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pemasaran Syariah yang dilakukan oleh BTN KCPS Tangerang dapat meningkatkan jumlah nasabah Tabungan Haji & Umrah iB yaitu sebesar 27% dari jumlah sebelumnya sebanyak 43 nasabah pada tahun 2019 menjadi 55 nasabah pada tahun 2020. 

 

Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Tabungan Haji

Published
2022-02-26