Analisis Strategi Pemasaran KPR Syariah di BRI Syariah Cabang BSD City

  • Wiwik Hasbiyah STAI Binamadani
Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, KPR Syariah, Akad, Bank Syariah

Abstract

Pada Persaingan dunia bisnis saat ini sangat berkembang pesat untuk  sarana promosi dalam analisis strategi pemasaran syariah produk KPR syariah pada Bank BRI Syariah KCP BSD, yang menyatakan bahwa sarana promosi pada strategi pemasaran syariah merupakan sarana promosi yang sering dipergunakan dalam mempromosikan produk KPR syariah pada bank BRI syariah. Karena pada manajemen baru BRI syariah fokus dan serius untuk memperbaiki kualitas pembiayaan dan akad pada bank syariah. Hasilnya kualitas pembiayaan mengalami perbaikan seiring dengan dilakukannya berbagai langkah dan upaya terkait, baik yang bersifat preventif melalui monitoring pembiayaan yang efektif dan proses underwriting yang lebih prudent hingga pengelolaan pembiayaan bermasalah yang tepat termasuk percepatan dalam mencapai recovery.

Strategi Pemasaran  untuk akad dan perjanjian dalam Produk KPR Syariah di BRI syariah BSD yaitu dengan mengunakan beberapa akad sebagai berikut: Murabahah, Ijarah Muntahiyah bit At Tamlik/IMBT (Sewa Beli), Musyarakah Muttanaqishah/MMQ (berdasarkan proposal kepemilikan modal pada aset).

Melalui kecanggihan tekhnologi yang di gunakan dalam marketing dapat perusahaan sebagai berikut: Pemasaran KPR BRIS dengan Teknologi melalui Website BRI Syariah: www.brisyariah.co.id, kemudian sosial BRISyariah : IG, FB, Twitter dan WAG. Selanjtnya Proses Pembukaan Rekening melalui eform dan mobile banking BerSyariah yaitu BRISyariah Online.

Untuk strategi pemasarannya yaitu: Kerjasama dengan para developer, Open table pada suatu event, Penawaran pada perusahaan atau instansi yang mengunakan Bank BRI Syariah Untuk Pembayaran gaji (Payroll).

Untuk menghadapi persaingan terhadap bank-bank syariah dalam memasarkan produk-produk KPR Syariah di BRI Syariah cabang BSD sebagai berikut:  Strateginya:Melalui Proses cepat, Sering mengadakan promo margin,  Marketing yang komunakatif dan fast response , Tidak ada biaya administrasi untuk pembiayaan kepemilikan rumah baru/Second (Khusus untuk akad Murabahah), Akad pembiayaan  yang variatif sehingga lebih fleksible dalam memenuhi semua kebutuhan nasabah.

Untuk menghadapi  tantangan dan kendala yang di alami oleh BRI Syariah dalam memasarkan produk KPR Syariah Di BSD yaitu  : terkadang  saat bank lain berani promo dengan margin yang jauh dibawah margin BRI Syariah, Untuk developer yang bekerjasama dengan beberapa bank di luar BRI Syariah terkadang menwarakan 1 nasabah yang sama untuk proses oleh beberapa bank. Nah nasabah pasti akan memilih angsuran yang lebih cepat. Persyaratan DP KPR Syariah yang dimana beberapa calon nasabah tidak mampu memenuhi, lalu upaya BRI syariah dalam mengatasi kendala dan tantangan tersebut Sebagai berikut: Marketing aktif melakukan pendekatan ke developer agar merekomendasikan BRI syariah kapan calon konsumen developer tersebut ke BRI Syariah,  Menyediakan program fee marketing yang dikhususkan untuk para marketing perumahan apabila mampu merekomendasikan konsumen yang berkualitas untuk KPR di BRI Syariah BSD.

 

 

Published
2020-08-31