PERAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI PESANTREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kiai dalam pengembangan lembaga pendidikan dan kebijakan perubahan sistem pendidikan salafiyah ke dalam sistem pendidikan modern di pondok pesantren Nur El Falah Serang, Banten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu pengasuh pesantren, ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru di pondok pesantren Nur El Falah Serang Banten. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan yaitu dokumen-dokumen di pesantren yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KH. Abdul Kabier memiliki peran sangat penting dalam pengembangan lembaga pendidikan di pondok pesantren Nur El Falah Serang, Banten, yaitu sebagai pimpinan pesantren, perumus visi misi pesantren, pemimpin spiritual dan moral, pembangun jaringan kerjasama, inovator pendidikan pesantren serta sebagai pengembang sistem dan kurikulum pendidikan pesantren. Adapun implementasi kebijakan kiai dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan agama dan umum serta memasukkan lembaga formal ke dalam pesantren, sehingga pesantren Nur El Falah telah mengalami perubahan dari sistem pendidikan salafiyah ke dalam sistem pendidikan modern. Model kurikulum pesantren tidak berfokus pada pengajaran agama Islam yang bersifat konvensional tetapi menggunakan pengajaran yang lebih komferehensif dan variatif, dengan menambahkan teknologi, Bahasa, dan bisnis dalam pembelajaran namun tidak menghilangkan nilai-nilai Islam tradisional.