ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA‘ALLIM: TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN

  • Suhendar Suhendar STAI Sadra Jakarta
  • Muhammad Babul Ulum STAI Sadra Jakarta
Keywords: Etika Belajar, Ta’lim al-Muta‘allim, Filsafat Pendidikan, Religious Ethics

Abstract

Penelitian ini membahas tentang etika belajar yang diajarkan dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim kemudian ditinjau dari sudut padang filsafat pendidikan. Dalam proses belajar mengajar etika menjadi salah satu aspek yang sangat penting karena dapat menunjang keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya, etika belajar telah banyak diabaikan bahkan ditinggalkan oleh banyak siswa saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Obyek penelitiannya yaitu Kitab Ta'lim al-Muta'allim. Penelitian ini menggunakan metode analisis dekriptif. Kesimpulan dari penelitian ini ditemukan bahwa etika yang terdapat dalam Kitab Ta'lim al-Muta'allim masuk dalam kategori etika normatif. Dalam hal ini az-Zarnuji menetapkan berbagai jenis etika belajar sebagai panduan yang harus dilakukan oleh peserta didik. Az-Zarnuji membuat rincian hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam belajar. Sehingga dengan demikian para peserta didik mendapatkan panduan untuk mencapai kebahagiaan tertinggi yaitu mendapatkan ridha Allah sebagai tujuan akhir dari kehidupan.

 

Published
2024-08-09
Section
Articles