EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN SISWA MATA PELAJARAN PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam memberdayakan keterampilan siswa Pendidikan Agama Islam dan menjabarkan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review atau kajian literatur yang menitikberatkan pada proses mengkaji dan menganalisis secara luas dan menyeluruh terhadap beberapa literatur yang relevan dengan topik penelitian. Data literatur yang digunakan sebagai sumber utama dalam penelitian ini sebanyak 9 literatur yang diperoleh dari data based seperti Google Scholar yang dipublikasikan dengan kisaran waktu 5 tahun terakhir (2018-2023). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam memberdayakan keterampilan siswa Pendidikan Agama Islam dan kelebihan merupakan penunjang keberhasilan penerapan Team Games Tournament (TGT) yang meliputi Siswa menjadi lebih rajin belajar, aktif dalam berdiskusi, hasil belajar lebih baik, dan lain sebagainya. Sementara kekurangan adalah kendala yang dihadapi dalam penerapan Team Games Tournament (TGT) yang meliputi pembagian siswa menjadi tim secara acak menyita waktu, siswa ramai, dalam diskusi melewati batas waktu yang ditentukan, dan lain sebagainya.