PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURUN MODERN

(Telaah Atas Tulisan Karel A. Steenbrink)

  • Muhamad Zainal Akhyar STAI Nurul Iman Bogor
  • Umar Samsudin STAI Binamadani
Keywords: Pembaharuan, Agama, Pendidikan Umum

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang perkembangan pendidikan agama Islam dan kaitannya dengan sistem pendidikan di Indonesia pada masa kolonial hingga beberapa tahun setelah kemerdekaan. Upaya memasukkan pendidikan agama Islam ke dalam sistem pendidikan modern mengharuskan adanya berbagai perubahan dan penyesuaian dalam sistem pendidikan. Berbagai pembaharuan yang muncul, seperti di Minangkabau, al-Jamiyah al-Washiliyah, Muhammadiyah, PERTI, NU, dll merupakan upaya umat Islam dalam memajukan pendidikan agama Islam bagi masyarakat muslim Indonesia. Kajian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat kualitatif. Sumber data utama adalah karya Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun modern. Sumber data yang lain diperoleh dari literatur kepustakaan, seperti: buku, jurnal, dan lainnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa madrasah merupakan sintesis dari sistem pendidikan agama dan pendidikan umum. Sistem pendidikan Indonesia telah mengadopsi pendidikan agama yang mulanya hanya dilakukan di pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional. Pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional yang hanya mengajarkan ilmu agama juga telah membuka diri dengan melaksanakan pendidikan umum bagi para santri.

Published
2023-02-12
Section
Articles