TEKNOLOGI DALAM BINGKAI PENDIDIKAN

  • Achmad Saeful STAI Binamadani
Keywords: Teknologi, Pendidikan, Progresivisme, Konstruktivisme

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang teknologi dalam bingkai Pendidikan. Teori yang
dibangun dari tulisan ini adalah teori filsafat progresivisme dan teori
konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library
Research), dimana sumber datanya diperoleh dari literatur-literatur, seperti:
buku, jurnal ilmiah, dan sejenisnya. Data yang dikumpulkan kemudian dibahas
menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Dari tulisan ini diungkapkan
bahwa saat ini keberadaan teknologi sering dijadikan ukuran dalam kemajuan
sebuah lembaga pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan Islam. Akses
terhadap teknologi sampai saat masih belum merata, sehingga lembaga
pendidikan Islam di wilayah pedalaman masih memiliki ketidakmampuan untuk
melakukan akses terhadapnya. Di sisi lain, kemampuan menggunakan
teknologi dalam pembelajaran masih menjadi perihal yang perlu dibenahi,
tidak sedikit dari SDM di lembaga pendidikan Islam yang tidak memiliki
kemampuan untuk menggunakan/melakukan pembelajaran berbasis teknologi.

Published
2022-02-14