IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BINAMADANI TANGERANG UNTUK MENCIPTAKAN MAHASISWA AKTIF BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplementasikan
pembelajaran daring materi PAI dengan media whatsApp pada mahasiswa agar
aktif belajar pada saat kuliah berlangsung. Penelitian ini dapat dikategorikan ke
dalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu peneliti berusaha menggali informasi
dan melakukan rencana dan pelaksanaan pembelajaran dengan maksimal, yakni
dengan mendesain pembelajaran terlebih dahulu lalu menerapkannya pada saat
proses pembelajaran dengan media whatsApp. Peneliti sebagai instrumen
utama, menggali data dengan melakukan observasi secara mendalam dari
sumbernya yaitu mahasiswa sekaligus sebagai informan yang terdiri dari dua
kelas reguler pagi berjumlah 25 mahasiswa dan dua kelas reguler sore berjumlah
40 mahasiswa jurusan PAI program sarjana strata satu. Hasil penelitian
menemukan bahwa kemampuan dosen dalam mendesain pembelajaran materi
PAI yang sesuai antara media whatsApp dengan kondisi pandemi covid 19
terbukti efektif dan mampu mengaktifkan belajar mahasiswa. Temuan ini
sekaligus menolak penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pembelajaran
dengan media whatsApp tidak efektif. Desain, Implementasi, Pembelajaran Materi PAI, WhatsApp dan Aktif
Belajar