SEJARAH PESANTREN DAN TRADISI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang sisi sejarah lembaga pendidikan pesantren
yang menjadi tradisi model pendidikan Islam khas Indonesia. Dalam perjalanan
sejarah bangsa Indonesia, peran pesantren tidak hanya dalam hal mendidik
masyarakat Indonesia dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan
berakhlak mulia, tetapi juga mampu menggerakkannya agar bangkit dan
berjuang merebut kemerdekaan dari penjajahan dan mengisi kemerdekaan
dengan hal yang konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Data-data penelitian diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan yang dianalisis
menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa aspek kesejarahan pesantren masih menjadi perdebatan para ahli karena
belum adanya data-data sejarah yang bersifat valid. Dalam konteks sejarah
pendidikan di Indonesia, ketidakjelasan ini bukan hanya untuk lembaga
pendidikan pesantren yang pada awal-awal pendiriannya masih berpusat di
Jawa, namun faktanya demikian itu juga terjadi dengan lembaga pendidikan lain
yang semodel, seperti: balai, surau, dan madrasah. Meski demikian, pesantren
dianggap sebagai model pendidikan paling tua di Indonesia yang telah diakui
kualitasnya, jika dilihat dari segi kemampuannya dalam mencetak kader-kader
generasi penerus bangsa yang handal dan mampu, baik dalam bidang agama
ataupun dalam pentas peran dan tokoh kepemimpinan nasional