IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH
Abstract
Tulisan ini ingin menunjukan bahwa guru dituntut untuk kreatif dalam
mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya, berbagai strategi
multiple intelligences dapat diterapkan untuk pelajaran agama Islam yang
kreatif, sehingga proses pembelajaran akan hidup dan siswa tidak sulit
memahami pelajaran dan tidak bosan pada saat proses pembelajaran karena
gurunya mampu mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya.
Penerapan strategi multiple intelligences di sekolah dilakukan dengan
memberdayakan semua jenis kecerdasan yang ada pada setiap mata pelajaran
dan mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkan
kecerdasan yang menonjol pada masing-masing siswa.
Penerapan Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dengan
menggunakan strategi multiple intelligences terbukti mampu mendorong guru
mengajar secara kreatif dan memandang anak didiknya secara positif, di mana
setiap siswa adalah cerdas tidak ada siswa yang bodoh. Implementasi proses
pembelalajaran dengan menggunakan seluruh kecerdasan yang dimiliki oleh
setiap siswa, terbukti dapat menemukan kesuksesan yang besar, yakni proses
pembelajaran yang menyenangkan dan demokratis.