PEMANTAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memantapkan penggunaan strategistrategi pembelajaran eksak seperti matematika, IPA dan materi-materi
pelajaran umum lainnya ke dalam strategi pembelajaran pendidikan agama
Islam (PAI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
kualitatif dengan menganalisis sumber primer dari jurnal-jurnal ilmiah yang
sesuai dengan tema penelitian ini lalu dideskripsikan sesuai dengan data-data
yang ada dan sumber sekunder dari beberapa buku tentang strategi
pembelajaran.
Penelitian ini menemukan bahwa pemantapan strategi pembelajaran
kontekstual sebagai salah satu strategi pembelajaran eksak, dapat digunakan
dengan efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Strategi
ini terbukti mampu menciptakan kemampuan berpikir peserta didik terutama
berpikir kritis. Strategi pemeblajaran ini dapat diterapkan dengan
mengaktualisasikan konsep-konsep yang dimilikinya ke dalam konteks yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa sesuai dengan tema
pembelajaran.